Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berkarakter Dengan Pramuka


Assalam’mualaikum... Salam Pramuka untuk anda semua.

Tulisan ini berkenaan dengan salah satu kegiatan yang bermanfaat dalam dunia pendidikan Indonesia. Secara singkat penulis berbagi tentang Pramuka yang membuat seseorang menjadi pribadi berkarakter.

Pramuka berasal dari  singkatan dari Praja Muda Karana dan merupakan organisasi /  gerakan kepanduan. Pramuka merupakan organisasi yang menjadi wadah salah satu pendidikan untuk meningkatkan kemampuan yang berkarakter.

Pramuka memiliki  Kode Kehormatan yang terdiri atas janji yang disebut Satya dan Ketentuan Moral disebut juga Darma. Kode Kehormatan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmaninya.

 ( Perkemahan Sabtu-Minggu)
Pramuka Siaga terdiri atas Dwisatya dan Dwidarma. Pramuka Penggalang terdiri atas Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma. Pramuka Penegak dan Pandega terdiri atas Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. Pramuka Dewasa terdiri atas Trisatya Anggota Dewasa dan Dasadarma.
Pramuka dianggap mampu menjadi salah satu kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar yang mampu menumbuhkan karakter. Seorang yang mengikuti pramuka dimulai dari penggalang sampai dewasa akan menjadikannya menjadi seorang yang bertanggung jawab terhadap diri nya sendiri, terhadap lingkungan, terhadap sesama dan terhadap Tuhan.

Pramuka mampu meningkatkan disiplin. Mampu meningkatan  kemampuan berpikir secara analogi dengan dasar yang kuat. Tidak bermaksud menjadikan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi yang unggul terhadap pningkatan karakter.

Pramuka juga mengajarkan keterampilan yang komplek. Dengan itu, seorang yang berjalan pada pramuka akan menjadi pribadi yang simpati terhadap keadaan sekitar.

Contoh 1: melalui kegiatan LTBB Latihan Baris Berbaris dalam pramuka. Seseorang /peserta didik akn menjadikan Role model proses latihan tersebut dan mengimplementasikankannya dengan kemampuan psikomotor.

Contoh 2: Melalui kegiatan memahami sandi. Seseorang akan menjadi sosok yang cerdas bertanggung jawab. Meningkatkan kemampuan berfikir secara kritis akan kebenaran informasi yang diterimanya.

Contoh 3: Melalui kegiatan perkemahan. Seseorang akan menjadi pribadi yang mandiri. Menemukan solusi atas keadaan-keadaan yang tidak nyaman. Dalam proses ini seseorang juga akan diajarkan cara bekerjasama untuk mencapai tujuan nya.

Banyak hal lain nya yang menjadikan Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang membuat seseorang Berkarakter.

Berkarakter yang dimaksud adalah pribadi yang tahu akan tanggung jawab dan memanfaatkan hak secukup nya.

Semoga pramuka akan selalu menjadi salah satu kegiatan yang bisa sebagai alternatif mewujudkan insan cerdas. Serta dasar sebagai penguatan Karakter anak bangsa Indonesia.


Jayalah Indonesiaku, jayalah bangsaku bersama Pramuka Indonesia.
Halley Kawistoro
Halley Kawistoro Seorang Tenaga Pengajar di Sekolah Menengah Pertama yang ingin menyalurkan kemampuan di bidang Menulis dan bermanfaat Bagi Orang Lain

Post a Comment for "Berkarakter Dengan Pramuka"