Defenisi Blog Dan Meningkatkan Kompetensi Menulis Dengan Menjadi Blogger - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

INFO

10 September 2017

Defenisi Blog Dan Meningkatkan Kompetensi Menulis Dengan Menjadi Blogger

Salam Hangat dan Hormat
Kepada pembaca dan pengunjung.
Menulis di era digital memang akan menjadi sebuah pertanyaan? Media sosial memanjakan pembaca baik berupa tulisan, gambar, dan video. Akibatnya, kita akan menjadi ‘konsumen pasif’. Istilah yang saya berikan itu berarti : “setiap pengguna media sosial akan menjadi pemakai saja (hanya menerima) tanpa tindakan balikan”.
Google selaku perusahaan yang bergerak dibidangnya. Menjadi jawara sebagai situs yang sering dikunjungi. Berbagai persoalan yang belum ditemukan orang/pengguna internet, Google menjadi solusinya. Kepopulerannya semakin meningkat, terutama di Indonesia. Muncul Istilah dan gelar Mbah Google di kalangan pengguna internet yang biasa disebut sebagai warganet.
1) Defenisi Blog dan Blogger
Salah satu fasilitas yang diberikan google kepada warganet adalah situs ‘Blogger’. Tanpa memperumit pemahaman pembaca. Istilah blogger saat tulisan ini dibuat belum masuk dalam kamus besar bahasa Indonesia daring online. Perkembangan defenisi warganet ketika mendengar kata blog, tentu langsung dikaitkan dengan tempat yang wilayahnya terbatas/dibatasi = ‘Blok’ bedasarkan pemahaman bahasa Indonesia. Bisa kita bersama defenisikan Blog adalah “Tempat warganet/pengguna internet menuangkan tulisan-tulisannya kedalam situs. Penggunanya disebut Blogger, karena menggunakan fasilitas yang diberikan situs Blogger.
Setelah definisi Blog dan Blogger kita telaah bersama. Penulis mengajak pembaca semua untuk memahami fasilitas yang diberikan Blogger kepada penggunanya. Blogger menjadi ruang publik untuk seseorang menyampaikan dan mendeskripsikan peristiwa, pengalaman, pengetahuan dan informasi melalui tulisan-tulisan kepada khalayak ramai secara pribadi dan Aktual.
Bukan hanya tulisan-tulisan saja. Fasilitas yang diberikan Blogger lebih dari itu banyak ruang yang bisa diambil berdasarkan tema dan sub-tema tulisan. Untuk menjadikan tulisan itu lebih menarik Blogger memberikan ruang mentautkan gambar berupa foto dan ilustrasi, serta video.
Tidak hanya itu, bagi blogger yang memang memanfaatkan situs tersebut Google selaku induk perusahaan memberikan layanan Google adsense untuk para Blogger mendapatkan uang dari kegiatan tulis-menulis dalam blognya. Sungguh luar biasa, Kegiatan tersebut dihargai dan bila beruntung atau kompeten. Penggunanya akan memiliki penghasilan tetap dari kegiatan tersebut.
2) Kompetensi Menulis
Kompetensi yang penulis kaitkan dengan menjadi blogger adalah menulis. Pengertian Menulis dalam Blog sangat berbeda dengan kegiatan menulis seperti biasanya. Butuh kompetensi dan pemahaman dasar. Ada beberapa aturan sederhana yang diketahui para blogger dan bisa anda semua pelajari dari Google itu sendiri diantaranya ;
  • Selain berupa tulisan, Blogger bisa menampilkan gambar dan video agar blognya menarik.
  • Blogger harus memahami aturan-aturan dasar yang bisa menyebabkan akun dihapus                             karena menampilkan tulisan atau konten yang melanggar hak cipta.
  • Kegiatan Blogger merupakan kegiatan yang Orisinil baik bersifat pribadi atau umum. Bila         tidak,        sampaikan dengan gaya penulisan sendiri.
  • Blogger harus berusaha memahami istilah-istilah yang berhubungan seperti : Template,  SEO              friendly, TOS dan lain sebagainya.
  • Tulisan yang baik memang bukan dibuat sembarangan dan asal-asalan. Perhatikan, Judul                     Artikel atau tulisan, jumlah kata, muatan isi, gambar atau video yang ditampilkan dan tujuan dari Blog     itu sendiri.                       

Skema Menjadi Blogger
Sebelumnya penulis sampaikan “Cara Menulis Untuk Blogger Pemula” dalam tulisan/artikel tersebut memang yang menjadi topik pembahasan adalah menulis secara konvensional. Setelah membaca artikel ini semoga anda semua yang tertarik dengan penghasilan yang didapat ketika menjadi seorang blogger bisa benar-benar jujur dalam tujuan awal. Salah satunya adalah meningkatkan Kompetensi Menulisnya. Setelah itu jujur dalam menulis dan menyampaikan informasi. Niat yang baik akan mendatangkan kebaikan. Niat yang buruk akan mendatangkan keburukan.
Semoga kita menjadi pribadi yang dewasa dalam menulis secara konvensional yang berarti memiliki dasar atau keilmuan sebelum dbagikan kepada pembaca. Bisa juga, menulis untuk menghibur pembacanya atau Sebagai Penyampai Informasi dari orang lain / sumber yang terpercaya.
Akhir kata hanya berakhir ketika kita berhenti mencoba untuk menulis. Jangan menjadi Konsumen pasif, dan jadilah Penulis Aktif dan berpenghasilan melalui Blog dan menjadi Blogger yang terus belajar. Selamat Mencoba.
Salam Hormat

Penulis

No comments:

Post a Comment

INFO LAINNYA

loading...
//