Keuntungan Menjadi Operator Pendataan Pendidikan Sekolah: Catatan Seorang Operator - Halley Kawistoro

Latest

Blog Pribadi Sebagai Sarana Informasi mengenai Bahasa Indonesia Berupa Karya sastra Puisi Dan Cerita Pendek. Serta Berbagi Informasi dunia Pendidikan, Umum, kesehatan dan Berita.

28 March 2018

Keuntungan Menjadi Operator Pendataan Pendidikan Sekolah: Catatan Seorang Operator


Keuntungan Menjadi Operator Pendataan Pendidikan Sekolah: Catatan Seorang Operator

Salam hangat dan hormat.

Semoga kita dalam keadaan sehat untuk menjalankan setiap aktivitas. Tulisan ini sebagai bentuk catatan mengenai pengalaman pribadi tentang kegiatan yang admin geluti sehari-hari. Tidak lupa, saya haturkan terima kasih kepada pengunjung dan pembaca Blog sederhana ini. Selamat Membaca...

Keuntungan Menjadi Operator Pendataan Pendidikan.

Oleh Halley Kawistoro

Jejak perjalanan pendataan sekolah dimulai pada tahun 2012. Saat itu, dunia pendidikan menengah dan dasar mengenalkan aplikasi pendataan pendidikan. “Dapodik” namanya, Aplikasi tersebut telah dikenalkan pada tahun sebelumnya. Namun, proses pengerjaan masih bersifat offline dan data yang dikirim melalui dinas pendidikan setempat. Saya tidak akan membahas lebih lanjut mengenai awal mula di perkenalkan Aplikasi pendataan sekolah. Namun, sejak saya ditunjuk menjadi Operator sekolah pada tahun 2013, ada beberapa hal yang saya dapatkan. Bisa dibilang, sebagai keuntungan menjadi Operator. Keuntungan tersebut sebagai berikut:

Operator Bisa Memiliki Banyak Jaringan Pertemanan.

Keuntungan Pertama ini, secara tak kasat mata mulai saya sadari perlahan-lahan. Aktifitas seorang operator pendataan yang behubungan langsung dengan dunia maya menjadi faktor utama. Interaksi di beberapa media sosial menjadikan operator mulai membuka diri. Perbedaan status tidak menjadi permasalahan yang berarti.

Proses interaksi tersebut yang mengantarkan saya mulai banyak mengenal orang. Walaupun setiap hubungan yang terjalin dan terhubung di media sosial memiliki banyak tujuan. Namun, sejatinya dengan pemahaman yang positif. Hubungan yang terjalin tersebut menjadikan diri seorang Operator lebih menjaga setiap aktivitas dan terbuka baik dalam mencari informasi atau menerima informasi.

Jaringan pertemanan tentunya menguntungkan Operator dalam setiap aktivitasnya. Bila permasalahan mendasar muncul dalam dapodik. Maka, seorang teman lainnya pasti akan membantu dengan segudang informasi yang dimiliki. Sebaliknya, saat ada permasalahan lain juga mendera operator lainnya. Secara aktif juga kita sampaikan solusi cara mengatasi permasalahan tersebut. Kegiatan timbal balik ini, merupakan bentuk keuntungan yang nyata dalam menggeluti pekerjaan sebagai operator pendataan pendidikan.

Operator Melek IT

Tahun terus berganti, aplikasi Dapodik pun terus mengalami pembaharuan. Berbagai kendala pun selalu muncul. Berjalannya waktu juga membentuk operator menjadi pribadi yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal tersebut menjadi latar belakang seorang operator pendataan pendidikan meningkatkan kompetensinya. Kegiatan yang berulang-ulang dilakukan menjadi proses pembelajaran sepanjang hayat. Diawali dengan memasang dan melepas aplikasi. Kegiatan tersebut mulai membuka pemahaman operator pendataan mengenai seluk beluk teknologi.

Pembiasaan diri dalam penginputan data pun mulai menjadi hal yang biasa. Penambahan beban operator pun hadir diluar tupoksinya seperti; Pengerjaan PUPNS dan SPT pajak perorangan. Sebenarnya masih banyak hal lain yang menjadi tuntutan operator pendataan pendidikan di lingkungan kerjanya. Pastinya masalah mendasarnya sama, Tuntutan kinerja operator semakin tinggi dengan banyaknya aplikasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan dan guru. Selayaknya seorang operator semakin Melek IT untuk menyelesaikan tuntutan pekerjaannya. Operator akhirnya menjadi menerima Informasi semakin banyak dikarenakan tuntuan pekerjaan. Kemampuan pemanfaatan Teknologi pun pelan-pelan diperbaharui Operator pendataan pendidikan. Karena apa? Tuntutan pekerjaan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Kemampuan Tugas Ganda, guru yang merangkap sebagai Operator.

Saat ini, Pro dan kontra mengenai tugas seorang operator terus mencuat. Banyak hal, mewakili salah satu asumsi kontra yang muncul. Bahwa guru tak pantas merangkap menjadi seorang operator. Harusnya, operator pendataan pendidikan sekolah merupakan tenaga adminstrasi sekolah.
Ijinkan saya menyampaikan pendapat pribadi mengenai guru yang merangkap sebagai operator tanpa mengesampingkan seorang operator yang memang fokus dalam adminstrasi sekolah. Ada beberapa hal yang menguntungkan bila seorang guru merangkap sebagai operator. Tugas ganda memang sulit untuk dilakukan dengan penyelesaian yang baik. dari segi positif guru yang merangkap kerja; Akan mengetahui pentingnya pendataan yang berhubungan dengan data guru dan tenaga pendidikan, Akan meningkatkan kompetensinya dengan pemahaman teknologi yang terus diterima, dan akan menjadi penghubung informasi yang baik dengan rekan sejawat berhubungan dengan pendataan, serta mampu meningkatkan kegiatan literasi baik pribadi atau untuk warga sekolah.

Namun, pandangan miring juga tetap hadir dari sudut pandang kepentingan sebagian pihak. Mencari keuntungan dari jabatan operator. Sebaliknya, kesejahteraan seorang operator dari sebagian pihak dianggap tidak diperlukan, karena jabatan operator dianggap tidak penting dan dikesampingkan oleh sebagian pihak dengan pemikiran yang kerdil.

Peluang usaha online bisa dikerjakan operator

Apresiasi bagi operator di berbagai daerah memang belum sama. Kebijakan pemerintah pusat dan daerah bisa berbeda. Di beberapa daerah keberadaan operator pendataan pendidikan mulai di akui, sedangkan di daerah lain operator pendataan pendidikan sebagai pelengkap dunia pendidikan.

Kesulitan-kesulitan yang dialami operator dimulai dari hal kecil yaitu koneksi internet yang tidak ada dilingkungan sekolah. Alhasil, biaya pengerjaan tugas pun membengkak. Keadaan itu diperparah dengan lambatnya pemberian pulsa untuk kuota internet. Nilai ekonomi pekerjaan operator pendataan pendidikan memang belum mampu mensejahterahkan pelakunya. Silahkan mencoba dan mencari peluang usaha online bagi operator yang ingin meningkatkan penghasilannya.

Untuk itu, beberapa operator yang mampu melihat peluang dalam dunia maya. Menyisihkan waktunya dengan usaha online, Menjadi blogger, tutor online, dengan tujuan untuk mendapat tambahan penghasilan. Banyak contoh operator yang berhasil menangkap peluang yang muncul tersebut di sela-sela pekerjaannya sebagai operator pendataan pendidikan.

Empat Keuntungan menjadi operator tersebut memang berasal dari sudut pandang saya selaku penulis. Salah satu dari keuntungan tersebut pastinya anda alami. Jika tidak, anda tentunya mendapatkan hal lain yang bisa anda syukuri sebagai operator pendataan pendidikan.

Sebenarnya banyak hal yang anda dapat sebagai seorang operator pendataan pendidikan. Namun, tantangan dan tuntutan sebagai seorang operator pendataan terkadang menenggelamkan diri menjadi sosok yang memikul beban sendiri. Permasalahan pekerjaan berhubungan dengan teknis bisa dilakukan dengan konsultasi kepada rekan operator yang lebih mahir. Membina hubungan baik antara rekan sejawat, pimpinan sekolah dan operator dinas pendidikan adalah langkah awal mempermudah pekerjaan dan menjadikannya lebih ringan. Peluang usaha pun sebenarnya semakin besar dengan kompetensi yang dimiliki seorang operator pendataan pendidikan. Kayanya informasi yang dimiliki operator adalah keuntungan tersendiri yang tidak bisa diuraikan. Setidaknya, penggunaan pribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampui”. Mengikhlaskan hati dengan mencintai sebuah pekerjaan, dengan keyakinan tinggi merupakan hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk mendukung peningkatan pendataan berhubungan dengan dunia pendidikan Indonesia.

TOT Operator di Palembang / halleykawistoro.blogspot.com


Salam Satu Data bagi OPP dimana anda berada.

Bekerja dengan gigih, berusaha sepenuh hati.

Hormat saya,

Penulis.

No comments:

Post a Comment

INFO LAINNYA

loading...
//